Kamis, 09 Juli 2015

Wisata Bahari Kalimantan Barat #KetawaKeji



Halo semua. Akhirnya bisa nulis lagi kemarin sibuk UAS dan naik pangkat jadi mahasiswa semester awal bukan lagi MABA hahaha #KetawaKeji
Dikesempatan ini gue akan berbagi keindahan daerah tanah kelahiran gue. Dimana kang? Di Kalimantan barat. Iya, kali ini gue mau promosiin tempat-tempat wisata disini (Kalbar) yang sayang kalau kamu gak tahu. Ya minimal kalo gak pernah kunjungin paling gak kamu tahu kalo disini ada banyak tempat-tempat yang menarik yang setahu gue jarang orang-orang di luar Kalimantan tahu.
Emang iya ada tempat yang menarik dikalimantan barat? Pasti jarang banget orang yang pernah berkunjung kesini #Sedih #KetawaKeji dan mungkin yang terkenal hanya kota Pontianak dan Kota seribu klenteng Singkawang. Tapi tahukah kamu bahwa Kalimantan Barat menyimpan banyak potensi obyek wisata bahari yang belum terjamahkan.
Dikesempatan ini gue mau bahas secara umum aja nanti kalo ada kesempatan lagi ditambah waktu dan budget yang memungkinkan gue akan bahas lebih mendalam dah. Oke mulai dari ini deh…


  • Pulau Lemukatan

Pulau Lemukatan  ini terletak di Kabupaten Bengkayang. Pulau Lemukutan lokasinya masih berdekatan dengan Pulau Randayan. Pulau Randayan juga gak kalah indahnya tapi nanti kita bahas. Sabar ya..
Meski keberadaan Pulau Lemukutan masih jarang terdengar, namun potensi alam bawah lautnya yang nan memukau gue jamin kalian bakalan betah berlama-lama dipulau ini. Di sini para kalian bisa melakukan beberapa aktivitas wisata seperti apa bang? Seperti  melihat pemandangan matahari terbit secara langsung, berkeliling pulau, menangkap ikan, dan tentu saja snorkling.


  • Pulau Randayan

Pulau Randayan merupakan salah satu obyek wisata di Kalimantan Barat yang terletak di kawasan Kepulauan Lemukutan Besar, letaknya di Laut Cina Selatan di sebelah Barat Pulau Kalimantan. Pulau Ini merupakan wisata andalan di Kalimantan Barat karena Pulau Randayan memiliki alam yang sangat indah serta pemandangan bawah laut yang sangat eksotis (loh kenapa gak ini nomor urut satu kalo gitu? Ya terserah  gue lah hahahaha #KetawaKeji).
Selain itu, pantai pasir putih yang dimiliki Pulau Randayan sangat indah untuk menarik wisatawan datang ke pulau ini. Pulau Randayan selama ini telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal, domestik, maupun asing. Kita dapat ber-snorkling sambil menikmati ekosistem bawah laut yang masih terjaga keasriannya. Dan serius ini recommended banget buat kalian..



  • Sinka Island Park

Sekarang kita ke singkawang disini ada Sinka Island Park yang gak kalah ciamiknya. Sinka Island Park letaknya di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau,Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang,  yang jaraknya hanya sekitar 8 km dari Kota Singkawang. Sinka Island Park adalah perpaduan antara wisata alam dan wisata modern.
Tempat wisata ini memiliki keindahan pantai yang masih alami. Kalian bisa menikmati pemandangan pantai dengan menaiki delman atau kuda yang dapat disewa di obyek wisata ini. Gak Cuma itu di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa fasilitas pendukung lain, seperti kolam renang, dan beberapa kios minuman dan makanan yang menyediakan berbagai macam sajian kuliner yang lezat.



  • Taman Bukit Bogenville

Masih di singkawang ada Taman Bukit Bogenville. Memang kota ini nawarin banyak potensi wisata yang layak buat kamu yang punya rencana liburan kesini buat kamu kunjungin. Jadi, gak perlu keluar negeri buat buat nikmati taman bunga Indonesia juga ada di Taman Bukit Bogenville.
Kawasan wisata ini terasa begitu asri karena dikelilingi oleh hutan dan perkebunan. Terhitung ada sekitar 46 spesies bunga bougenville di taman ini. Meski didominasi bougenville, kalian tetap bisa melihat aneka bunga lain yang ada seperti, aglonema, antorium dan berbagai jenis anggrek. Tidak hanya bunga, taman seluas 1,5 hektar ini juga memiliki koleksi tanaman buah, seperti belimbing madu, alpukat, rambutan dan durian.
Salah satu tempat yang paling digemari para wisatawan saat berkunjung di Taman Bukit Bougenville, yakni hutan homogen. Kawasan ini disebut dengan Area Super Sejuk karena di kawasan ini dipenuhi dengan rerimbunan pohon gaharu. Hutan homogen ini juga dijuluki Area Super Sejuk. Di lokasi ini selain bisa menikmati udara yang super sejuk, para wisatwan juga bisa memanfaatkan keindahan hutan homogen ini sebagai tempat untuk foto pre-weeding atau foto bersama teman atau mungkin dengan pacar.. oh ya kalian kan JOMBLO hahahaha #KetawaKeji




  • Pantai Pasir Panjang

Masih di Singkawang. Memang sulit buat Move on dari tempat satu ini kali ini ada Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang. Pantai ini diberi nama Pantai Pasir Panjang karena pantainya membentang panjang di laut lepas sepanjang 3 Km. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang.
Pantai Pasir Panjang ini juga merupakan tempat favorit untuk menyelenggarakan beberapa event tertentu, seperti balap motor, festival musik, acara ulang tahun dan acara lainnya. Kalian juga tidak perlu takut bosan karena bila bosan kalian dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang dapat terlihat dan tidak jauh dari pantai. Tapi kalian juga harus menjaga kebersihan pantai supaya keindahannya dapat kita nikmati lagi di kesempatan lain saat kita di beri kesempatan berkunjung kesana lagi.



  • Bukit Kelam

Bukit Kelam adalah sebuah bukit batu (monolit) dengan ketinggian 600 meter dan luasnya kira-kira 4000 meter persegi serta memiliki warna hitam kelam dengan ditumbuhi pohon besar di sekitarnya. Bukit kelam juga diklaim sebagai batu terbesar didunia. Bukit Kelam merupakan salah satu dari sejuta keindahan alam yang terdapat diKalimantan sehingga tak ayal Bukit kelam juga merupakan tujuan wisata yang terdapat di Kabupaten Sintang.
Bukit Kelam menyimpan sejuta keindahan dan keanekaragaman didalamnya. Di kawasan ini terdapat berbagai flora dan fauna langka antara lain, seperti meranti (shorea sp), bangeris (koompassia sp), tengkawang (dipterocarpus sp), kebas-kebas (podocarpusceae), anggrek (archidaceae), dan kantong semar raksasa. Berbagai fauna langkanya, seperti beruang madu (heralctus mayalanus), trenggiling (manis javanica), kelelawar (hiropteraphilie), dan alap-alap (acciptiter badios) yang menambah daya tarik kawasan ini. Dipuncak bukit terdapat pula gua-gua alam yang eksotik dan bernuansa magis yang didalamnya banyak terdapat burung walet. Dari puncak Bukit kelam kita juga disajikan dengan keindahan pemandangan dua buah sungai yang mengapit bukit ini.


  • Taman Nasional Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum berada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Kawasan Danau Sentarum telah ditetapkan sebagai kawasan Suaka Alam. Danau itu adalah celengan air raksasa. Di musim hujan, Sentarum menabung 25 persen air Sungai Kapuas. Saat kemarau, Sentarum memasok separuh air yang mengaliri Kapuas. Danau Sentarum ini merupakan daerah retensi/luapan banjir (retarding basin) dari Sungai Kapuas yang merupakan daerah tangkapan air dan sekaligus sebagai pengatur tata air bagi Daerah Aliran Sungai Kapuas. Dengan demikian, daerah-daerah yang terletak di hilir Sungai Kapuas sangat tergantung pada fluktuasi jumlah air yang tertampung di danau tersebut.
Sayangnya banyaknya jomblo eh #KetawaKeji maksudnya ilegal logging yang terjadi di hutan Kalimantan berimbas juga pada ekosistem di Danau Sentarum. Jadi mari sama-sama peduli dengan Danau Sentaru karena merupakan salah satu wakil daerah hamparan banjir (lebak lebung, floodplain) yang sangat penting, tidak saja bagi bangsa Indonesia, namun juga bagi dunia.






Sebenarnya masih banyak lagi keindahan lainnya di Kalimantan Barat kayak Taman Nasional Gunung Palung di Kabupaten Ketapang, Taman Nasional Betung Kerihun di Kabupaten Putussibau, Lanjak di Kabupaten Kapuas Hulu dan masih banyak lainnya dan gak Cuma di Kalimantan Barat, di Kalimantan bagian lainnya juga banyak potensi alam yang gak kalah ciamiknya loh.. seperti siapa sih yang gak kagum dengan pesona Derawan di Kalimantan Timur. Namun karna terbatasnya sarana jadi sekian aja deh yang bisa gue bagiin semoga kalian tertarik dengan pesona tanah kelahiranku ini. Kalau kalian dari Kalbar juga dan daerah wisata tempat kalian belum gue masukin diisi artikel silahkan berbagi dikolom komentar biar yang lain bisa tau kalo daerah kita itu bak permata. Oke itu #MarioBros.. see yaa




7 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai indahnya indonesia.Benar benar bermamfaat dalam menambah wawasan kita mengenai indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih udah mau baca :)
      kalau kamu pengen yang mana? boleh dong sharing :)

      Hapus
  2. makasih sharingnya yaa.., keren tempat wisatanyaa
    ST3 Telkom

    BalasHapus
  3. Amazing. Wisata di Indonesia memang sangat indah
    ST3 Telkom

    BalasHapus

Silahkan tumpahkan ide kreatif kalian di ruang komentar. Mau komentar apa aja bebas nanti kalo keterlaluan gak didenda. Saya yang hapus!